Blog yang akan memberikan informasi ilmu yang sangat bermanfaat.

Sabtu, 07 Januari 2017

Perangkat Toolbar pada Geogebra

   Perangkat tool pada Geogebra

Aplikasi ini menyediakan Toolbar help pada object yang terdiri dari 11 tools icon.
Kegunaan masing-masing Toolbar :
1.      Peralatan untuk memblok atau memindahkan


Pindah  Pada mode ini Anda dapat mendrag dan menempatkan suatu objek bebas dengan mouse. Jika Anda memilih suatu objek dengan mengkliknya pada mode Move, Anda dapat: 
a.       menghapusnya dengan menekan tombol Del
b.      memindahkannya dengan menggunakan tombol panah. 

        Rotasi mengitari titik Pertama pilih titik pusat rotasi. Setelah itu Anda dapat merotasikan objek bebas berpusat pada titik ini dengan men-dragnya dengan mouse.

2.      Peralatan untuk membuat titik


       Point (Titik baru) Pengklikan pada Tampilan Grafik akan membuat suatu titik baru. Dengan mengklik pada ruas garis, garis lurus, poligon, irisan kerucut, fungsi, atau kurva, Anda akan membuat titik pada objek tersebut.

       Perpotongaan dua titik. Titik-titik perpotongan dari dua objek dapat dihasilkan dengan dua cara:
a.       klik semua titik perpotongan yang terjadi dari kedua objek (jika memungkinkan).
b.      klik pada suatu perpotongan dari kedua objek, akan menghasilkan titik perpotongan tunggal. 

      Titik tengah atau pusat  . Klik pada...
a.       dua titik untuk memperoleh titik tengahnya.
b.      satu ruas garis untuk memperoleh titik tengahnya.
c.       suatu irisan kerucut untuk mendapatkan pusatnya. 

3.  Peralatan untuk membuat garis

     Line (Garis melalui dua titik) Pengklikan dua titik A dan B menghasilkan suatu garis lurus melalui A dan B. Vektor Arah garis ini adalah (B - A).

     Segment (Ruas garis di antara dua titik) Pengklikan dua titik A dan B membuat ruas garis antara A dan B. Pada Tampilan Aljabar, panjang ruas garis tersebut akan dimunculkan.

     Segment with Given Length (Ruas dengan panjang yang diberikan dari titik) Klik pada titik A yang menjadi titik awal dari ruas garis tersebut. Masukkan panjang ruas garis a yang dikehendaki pada jendela masukan yang muncul.

      Ray (Sinar melalui dua titik) Pengklikan dua titik A dan B akan membuat suatu sinar dari titik A melalui titik B. Pada Tampilan Aljabar, Anda akan melihat persamaan garis yang bersesuaian dengan sinar tersebut.

     Vector (Vektor di antara dua titik) Klik titik awal dan titik akhir dari vektor tersebut.

     Vector from Point (Vektor dari titik) Klik suatu titik A dan suatu vektor v untuk mendapatkan titik B = A + v dan vektor dari A ke B.

     Vector from Point (Vektor dari titik) Klik suatu titik A dan suatu vektor v untuk mendapatkan titik B = A + v dan vektor dari A ke B.

4. Peralatan untuk membuat garis lurus atau lengkung yang berhubungan dengan garis atau bangun datar lainnya.

     Perpendicular Line (Garis tegak lurus) Pengklikan suatu garis g dan suatu titik A menghasilkan suatu garis lurus melalui A tegak lurus terhadap garis g. Arah garisnya ekivalen dengan vektor tegak lurus terhadap vektor garis g (lihat juga perintah VektorTegakLurus).

    Parallel Line (Garis sejajar) Pengklikan suatu garis g dan suatu titik A mendefinisikan suatu garis lurus melalui A sejajar terhadap g. Arah garisnya adalah sama dengan garis g.

   Perpendicular Bisector (Garis tengah) Garis tengah dari suatu ruas garis dibuat dengan mengklik suatu ruas garis s atau dua titik A dan B. Arah garisnya ekivalen terhadap vektor tegak lurus (lihat juga perintah VektorTegakLurus) ruas garis s atau AB.

    Angle Bisector (Garis bagi sudut) Garis bagi sudut dapat didefinisikan dengan dua cara:
a. Pengklikan tiga titik A, B, C menghasilkan garis bagi sudut dari sudut yang dibentuk, dimana B adalah titik sudutnya.
b. Pengklikan dua garis menghasilkan garis bagi sudut untuk sudut-sudut yang terbentuk.

    Tangents (Garis Singgung) Garis singgung pada suatu irisan kerucut dapat dihasilkan dengan dua cara:
a. Pengklikan suatu titik A dan suatu konik c menghasilkan semua garis singgung yang melalui A ke c.
b. Pengklikan suatu garis g dan suatu konik c menghasilkan semua garis singgung terhadap c yang sejajar g.
c. Pengklikan suatu titik A dan suatu fungsi f menghasilkan garis singgung terhadap f di titik x = x(A).

    Polar or Diameter Line (Garis polar atau diameter) Mode ini menghasilkan garis polar atau diameter dari suatu irisan kerucut. Anda juga dapat:
a. mengklik suatu titik dan suatu irisan kerucut untuk mendapatkan garis polar.
b. mengklik suatu garis atau vektor dan suatu irisan kerucut untuk mendapatkan garis diameter.

   Best Fit Line (Pencocokan garis terbaik) Pilihkan beberapa titik dengan men-drag-nya menggunakan segiempat pilihan, atau kliklah suatu daftar titik. Pencocokan garis pada mode ini hanya pencocokan pada garis linier regresi y atas x (lihat CocokGarisX).

    Locus (Lokus) Klik suatu titik B yang bergantung pada titik yang lain, katakanlah titik A dan lokusnya harus digambarkan, lalu klik pada titik A tersebut. Catatan: Titik A harus merupakan titik pada suatu objek (seperti garis, ruas garis, lingkaran).

5. Peralatan untuk membuat bangun datar.

     Polygon (Poligon) Klik paling sedikit tiga titik yang akan menjadi titik sudut dari poligon. Lalu klik lagi titik awal untuk menutup poligon tersebut. Pada Tampilan Aljabar Anda akan melihat luas poligon tersebut.

     Regular Polygon (Segi n beraturan) Klik dua titik A dan B dan masukkan angka n pada Bilah masukan teks dari kotak dialog yang muncul akan memberikan segi n beraturan (termasuk titik A dan B).

6. Peralatan untuk membuat busur atau lingkaran.




     Circle with Center through Point (Lingkaran dengan pusat melalui titik) Pengklikan suatu titik M dan suatu titik P mendefinisikan suatu lingkaran dengan pusat M melalui P. Jari-jari lingkaran ini adalah jarak MP.

    Circle with Center and Radius (Lingkaran dengan pusat dan jari-jari) Setelah membuat titik pusat M, Anda akan diminta memasukkan jari-jari pada Bilah masukan pada kotak dialog yang muncul.

     Compass (Jangka) Pembuatan suatu segmen garis AB atau dua titik A dan B mendefinisikan suatu jari-jari lingkaran. Anda akan diminta mengklik satu kali lagi untuk menentukan posisi titik pusat lingkaran.

    Circle through 3 Points (Lingkaran melalui tiga titik) Pembuatan tiga titik A, B, dan C mendefinisikan suatu lingkaran melalui titik-titik tersebut. Jika titik-titik tersebut terletak pada suatu garis lurus, lingkarannya akan dihasilkan melalui garis ini.

    Semicircle through 2 Point (Setengah lingkaran dengan dua titik) Pembuatan dua titik A dan B menghasilkan suatu busur setengah lingkaran pada suatu ruas garis AB.

    Circular Arc (Busur sirkular dengan pusat melalui dua titik) Pembuatan tiga titik M, A, dan B menghasilkan suatu busur sirkular dengan pusat M, berawal dari titik A dan berakhir pada titik B atau terletak pada ruas garis MB. Catatan: Titik B tidak harus selalu terletak pada busur tersebut.

   Circumcircular Arc (Busur melalui tiga titik) Pengklikan tiga titik menghasilkan suatu busur yang melalui tiga titik tersebut.

  Circular Sector (Sektor sirkular dengan pusat melalui dua titik) Pembuatan tiga titik M, A, dan B menghasilkan suatu sektor sirkular dengan pusat M, berawal dari titik A dan berakhir pada titik B atau terletak pada ruas garis MB. Catatan: Titik B tidak harus selalu terletak pada sektor tersebut.

   Circumcircular Sector (Sektor melalui tiga titik) Pengklikan tiga titik menghasilkan suatu sektor yang melalui tiga titik tersebut.

7. Peralatan untuk membuat irisan kerucut




   Ellipse (Elips) Pembuatan dua titik A dan B akan mendefinisikan dua buah titik fokus elips. Klik satu kali lagi untuk menentukan suatu titik pada elips tersebut.


  Hyperbola (Hiperbola) Pembuatan dua titik A dan B akan mendefinisikan dua buah titik fokus hiperbola. Klik satu kali lagi untuk menentukan suatu titik pada hiperbola tersebut.

  Parabola (Parabola) Pembuatan titik A akan mendefinisikan titik fokus parabola. Klik satu garis (jika belum ada garis, Anda harus membuatnya terlebih dahulu sebelum menentukan titik fokus parabola) sebagai suatu garis arah (direktriks).


   Conic through 5 Points (Konik melalui lima titik) Pembuatan lima titik menghasilkan suatu irisan kerucut yang melalui titik-titik tersebut. Catatan: Suatu irisan kerucut akan terdefinisi jika tidak ada empat dari lima titik yang terletak pada suatu garis.


8. Peralatan untuk membuat sudut, jarak, luas, kemiringan, dan daftar.


  Angle (Sudut) Mode ini membuat … 
sudut antara tiga titik 
sudut antara dua ruas garis 
sudut antara dua dua garis 
sudut antara dua vektor 
semua sudut dalam dari suatu poligon 
Jika Anda ingin membatasi ukuran maksimum dari suatu sudut menjadi 180°, hilangkan centang bolehkan sudut reflex pada Dialog Properti.

  Angle with Given Size (Sudut dengan ukuran tertentu) Klik dua titik A dan B dan masukkan ukuran sudut pada Bilah masukan pada jendela yang muncul. Mode ini menghasilkan suatu titik C dan suatu sudut α, dimana α adalah sudut ABC.

  Distance or Length (Jarak atau panjang) Mode ini menghasilkan jarak dari dua titik, dua garis, atau antara titik dan garis. Ini juga dapat memberikan panjang suatu ruas garis atau busur suatu lingkaran.

  Area (Luas) Mode ini memberikan luas dari suatu poligon, lingkaran, atau elips sebagai teks yang dinamis pada jendela geometri.


 Slope (Kemiringan) Mode ini memberikan kemiringan suatu garis sebagai teks yang dinamis pada jendela geometri.

9. Peralatan untuk membuat pencerminan, perputaran, pemindahan, dan perbesaran suatu bangun



  Reflect about Line (Refleksi objek pada garis) Klik objek yang akan dicerminkan, selanjutnya klik pada garis yang menjadi cerminnya.

  Reflect about Point (Refleksi objek pada titik) Klik objek yang akan dicerminkan, selanjutnya klik pada titik yang menjadi cerminnya.

  Reflect about Circle (Refleksi titik pada lingkaran) Klik titik yang akan dicerminkan, selanjutnya klik pada lingkaran yang menjadi cerminnya. Mode ini akan mencari invers titik pada suatu lingkaran.

  Rotate around Point (Rotasi objek mengitari titik dengan sudut) Klik objek yang akan dirotasikan, lalu klik pada titik yang menjadi pusat rotasi. Selanjutnya akan muncul jendela dimana Anda harus memasukkan besaran sudut rotasinya.


  Translate by Vector (Translasi objek oleh vector) Klik objek yang akan ditranslasikan, selanjutnya klik pada vektor translasinya.

  Dilate from Point (Dilatasi objek dari titik) Klik objek yang akan didilatasikan, lalu klik pada titik yang menjadi pusat dilatasi. Selanjutnya akan muncul jendela dimana Anda harus memasukkan besaran faktor dilatasinya.

10. Peralatan untuk membuat teks, gambar, tulisan, melihat relasi, dan pemeriksa fungsi


  Slider (Luncuran) Catatan: Pada GeoGebra suatu luncuran tiada lain adalah representasi grafik dari suatu angka atau sudut bebas. Klik pada sembarang tempat kosong pada Tampilan Grafik untuk membuat luncuran untuk suatu angka atau sudut. Jendela yang muncul membolehkan Anda untuk menentukan nama, interval [minimum, maksimum] dari suatu angka atau sudut, pada ujung-ujung luncuran (dalam pixel).

  Check Box (Kotak centang untuk tampil dan sembunyi objek) Pengklikan pada Tampilan Grafik menghasilkan kotak centang (peubah Boolean) untuk menampilkan atau menyembunyikan satu atau beberapa objek. Pada jendela yang muncul Anda dapat memilih objek mana yang harus terpengaruh oleh kotak centang tersebut.

  Text (Teks) Dengan mode ini Anda dapat membuat teks statis dan dinamis atau formula LaTeX pada jendela geometri. 
Pengklikan pada Tampilan Grafik membuat teks baru pada lokasi tersebut. 
Pengklikan suatu titik membuat teks baru yang posisinya relatif terhadap titik tersebut. 

  Image (Masukan gambar) Mode ini membolehkan Anda menambahkan suatu gambar pada konstruksi yang Anda buat. 
a. Pengklikan pada Tampilan Grafik akan menempatkan pojok kiri bawah dari suatu gambar pada posisi tersebut. 
b. Pengklikan pada suatu titik akan menjadikan titik tersebut sebagai ujung kiri bawah dari gambar tersebut. 
Selanjutnya akan muncul Open dialog file dimana Anda dapat memilih gambar mana yang akan dimasukkan.

  Relation (Relasi di antara dua objek) Klik dua objek untuk memperoleh informasi mengenai relasi antara kedua objek tersebut (lihat juga perintah Relasi).

11. Peralatan untuk menggeser, memperbesar dan memperkecil tampilan grafik. Juga untuk menampilkan atau menyembunyikan objek atau label, menyalin format dan menghapus objek.


  Move Graphics View (Geser Tampilan Grafik) Drag dan tempatkan Tampilan Grafik untuk memindahkan titik awal sistem koordinat.

Zoom In (Perbesar) Klik sembarang tempat pada Tampilan Grafik untuk memperbesarnya.

  Zoom Out (Perkecil) Klik sembarang tempat pada Tampilan Grafik untuk memperkecilnya.

  Show/Hide Object (Tampilkan/Sembunyikan objek) Klik pada suatu objek untuk menampilkan atau menyembunyikannya.

  Show/Hide Label (Tampilkan/Sembunyikan label) Klik pada suatu objek untuk menampilkan atau menyembunyikan labelnya.

  Copy Visual Style (Salin format tampilan) 
Mode ini membolehkan Anda untuk menyalin properti visual (seperti: warna, ukuran, dan format garis) dari suatu objek ke beberapa objek lainnya. Untuk 26 
melakukannya, pertama Anda pilih objek yang propertinya akan disalin, selanjutnya klik pada semua objek lainnya yang harus memiliki properti objek yang disalin.

  Delete (Hapus objek) Klik pada sembarang objek yang ingin Anda hapus.

1 komentar: