PRAKTEK
MENGGUNAKAN GEOGEBRA
PADA
TINGKAT SMP /SEDERAJAT
MATERI : SEGITIGA DAN SEGIEMPAT
MENENTUKAN
SUDUT SEGITIGA
a)
Membuat segitiga jika diketahui sisinya
1. Buka tampilan geogebra
3. Kemudian kita membuat garis AB,
yaitu dengan mengklik Ruas Garis dengan
Panjang Tertentu dari Titik
4. Klik pada lembar kerja, lalu pada kotak panjang yang muncul kita isikan panjang garis yang diinginkan
(contohnya kita tuliskan 7, lalu klik ok)
5. Kemudian dengan cara yang sama
seperti membuat garis AB, kita membuat garis BC dengan mengklik Ruas Garis dengan Panjang Tertentu dari Titik
, klik pada lembar kerja dari titik B,
lalu pada kotak panjang yang muncul
isikan panjang garis yang diinginkan (contohnya kita tuliskan 5, lalu klik ok)
6. Setelah itu, buat segitiga dari
garis ABC tersebut dengan mengklik Segment
Between Two Point, klik pada titik A
sampai dengan titik C.
b) Menentukan sudut-sudut segitiga dan menentukan jumlah sudut-sudut tersebut
2. Kemudian klik titik B, lalu klik titik A
dan klik titik C (untuk menentukan
sudut maka
kita harus mengklik titik-titiknya searah dengan jarum jam)
kita harus mengklik titik-titiknya searah dengan jarum jam)
c)
Membuat garis tinggi pada segitiga
1.
Untuk membuat garis tinggi pada
segitiga, pertama yang harus dilakukan yaitu klik
Garis Tegak Lurus.
2.
Setelah itu klik titik A dan klik garis yang ada dihadapannya. Sehingga muncul garis
yang tegak lurus dengan garis yang berhadapan dengan titik A
seperti berikut:
3.
Kemudian lakukan hal yang sama pada
titik B dan titik C seperti diatas, yaitu klik titik
A dan klik garis yang
ada dihadapannya, dan juga klik titik C dan klik garis yang
ada
dihadapannya. Sehingga akan terbentuk tiga garis tinggi sebagai berikut:
4.
Setelah itu berikan nama pada titik
potong garis tinggi tersebut, yaitu dengan
mengklik Perpotongan Dua Objek dan klik perpotongan 3 garis.
MATERI : PERSAMAAN
KUADRAT
MENGAMBAR GRAFIK PERSAMAAN KUADRAT
a) Gambarkan grafik persamaan kuadrat
f(x)=2x2+5x+1.
Langkah-langkah mengambarkan grafik
persamaan kuadrat:
1. Buka tampilan Geogebra.
2. Pada bilah masukan ketiklah
f(x)=2x^2+5x+1.
3. Perhatikan gambra grafik fungsi kuadrat
pada lembaran kerja
4. Perhatikan fungsi kuadrat muncul di
Algebra window
MATERI : LINGKARAN
MENGAMBAR GRAFIK
PERSAMAAN LINGKARAN
a)
Gambarlah grafik persaman lingkaran x2 +
y2 - 2x – 2y – 1 = 0
Langkah – langkah menggambar grafik lingkaran.
1.
Buka tampilan Geogebra
2. Pada masukan ketiklah x^2+y^2-2x-2y-1=0.
Lalu enter
3. Akan mucul grafik lingkaran di lembar
kerja geogebra
4. Perhatikan persamaan lingkaran muncul di
Algebra Window
MENCARI
LUAS DAN KELILING LINGKARAN
b)
Mencari Luas dan Keliling Lingkaran
Langkah – langkah :
1. Buka tampilan Geogebra
2. Klik toolbar “ lingkaran dengan pusat
melalui titik “
3. Lalu pilih lingkaran dengan pusat
melalui titik.
4. Kliik satu titik di sembarang tempat dan
tarik untuk mendapatkan titik yang
dilalui lingkaran.
5. Perhatikan persamaan lingkaran akan
muncul di Algebra Window.
6. Pilih sudut pada toolbar geogebra
7. Klik jarak atau panjang untuk mencari
keliling.
8. Arahkan kursor ke lingkaran yang tertera
pada lembar kerja dan klik
9. Akan tertera hasil keliling di tampilan
lembar kerja .
10. Perhatikan hasil keliling muncul di
Algebra Window.
11. Klik sudut pada toolbar
12. Pilih luas untuk mencari luar lingkaran
13. Arah kursok ke lingkaran klik “titik A”
dann “titik B”
14. Akan Tertera hasil luas lingkaran pada
lembaran kerja
15. Perhatikan hasil Luas lingkaran di
Algebra Window.
MATERI
: BANGUN RUANG SISI DASAR
a)
Membuat kubus 2D
Langkah-Langkah membuat kubus 2D:
1.
Buka Aplikasi Geogebra, buat lembaran
kerja geogebra berbentuk Grid.
2.
Klik Slider lalu klik pada grid maka akan tampil kotak
dialog, kemudian buatlah nama dan interval sesuai dengan yang kita inginkan
kemudian klik Apply.
3.
Perhatikan Number a pada lembaran kerja,
dan perhatikan pada Algebra Window
4. Klik tool Regular Polygon, lalu klik titik A dan B maka
akan muncul kotak dialog, isi sesuai keinginan, kemudian klik Ok.
5.
Klik Vector, lalu klik di daerah grid maka akan didapat
titik E dan F seperti gambar berikut.
6.
Cari titik A’, B’, C’ dan
D’. Untuk mencari titik A’, klik tool Translate by Vector, lalu klik
titik A dan garis vektor u, maka muncullah titik A‟. Lakukan hal yang sama
untuk mencari masing-masing titik B’, C’, dan D’.
7.
Klik Polygon dan
hubungkan titik-titik tersebut,
8.
Klik tool Move lalu
tarik titik F seperti gambar berikut. Perhatikan hasilnya
9.
Klik tool Polygon dari
titik A ke B ke B‟ ke A‟ dan A, akan diperoleh gambar berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar